Sabtu, 26 Februari 2011

'Titanic Part 1'

Kamu pasti pernah menonton film “Titanic” kan..?
Film yang masih saja terkenal sampai saat ini, meskipun dibuat lebih dari 10 tahun yang lalu. Kamu pasti pernah bertanya-tanya, apakah Jack dan Rose memang pernah ada? Atau, bila film ini berdasarkan kisah nyata, apa yang asli dari film itu? Jawabannya bisa ditemukan dalam bagian artikel ini, atau bagian selanjutnya.

Apakah Jack dan Rose asli?


Jawabannya tidak, Jack Dawson dan Rose Dewitt Bukater, yang diperankan dalam film ini oleh Leonardo DiCaprio dan Kate Winslet, hampir semuanya tokoh fiksi (James Cameron memodelkan tokoh Rose seperti artis Amerika Serikat, Beatrice Wood, yang tak punya hubungan apapun dengan sejarah Titanic). Kisah cinta film ini juga fiksi. Dibuat oleh penulis naskah Titanic dan sutradara James Cameron. Selain Rose dan Jack, berbagai tokoh yang berkaitan dengan mereka juga fiksi. Termasuk tunangan Rose, Caledon ‘Cal’ Hockley (Billy Zane), ibunya, Ruth (Frances Fisher), valet Cal, Spicer Lovejoy (David Warner), dan penumpang kelas tiga, yaitu teman-teman Jack, Fabrizio (Danny Nucci) dan Tommy (Jason Barry). Sejumlah penumpang kelas tiga juga dimodelkanmengikuti orang aslinya.

Akan tetapi benarkah seseorang bernama J. Dawson pernah menaiki kapal Titanic?

Ya, seseorang bernama J. Dawson pernah menaiki kapal Titanic. Tetapi, J. berarti Joseph, bukan Jack. Lahir di Dublin, Joseph Dawson adalah anggota awak Titanic. Ia bekerja sebagai pemasok batubara (itulah pekerjaannya, yaitu mengeluarkan tumpukan batubara yang dimasukkan ke dalam cerobong kapal). James Cameron mengatakan ia tidak mengetahui Joseph Dawson hingga ia menyelesaikan naskah film Titanic. Tetapi, para penggemar berat film tahun 1997 ini mengunjungi makam J. Dawson di Halifax, Nova Scotia, di mana mereka meninggalkan potongan film, foto pribadi, dan gambar Leonardo DiCaprio (lokasi pemakamannya ialah Grave 227 di Fairview Lawn Cemetery, Halifax, Nova Scotia). Tokoh kebetulan lain yang dibuat oleh James Cameron adalah teman Jack dari Irlandia, yaitu Tommy Ryan (Jason Barry). Daftar penumpang kapal menyebutkan Thomas Ryan, seorang pelayan berusia 27 tahun dari kelas tiga, meskipun jasadnya ditemukan, takkan bisa diidentifikasi.


Siapakah sebenarnya yang menggambar lukisan Rose milik Jack yang muncul dalam film Titanic?

Sutradara James Cameron yang menggambar Rose (Kate Winslet) mengenakan kalung. Sebenarnya itu tangan Cameron, bukan Leonardo DiCaprio, yang kita lihat sedang menggambar Rose di film itu. James Cameron juga menggambar semua lukisan di buku gambar Jack.



Sumber: ChasingtheFrog.com – Titanic Reel & Real Faces

Tidak ada komentar:

Posting Komentar